Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Itinarary Labuan Bajo 4D3N Dengan Biaya Terjangkau (Bonus ke Waerebo)


Labuan Bajo merupakan salah satu daerah yang saat ini menjadi begitu populer dikalangan para wisatawan, hal ini tentu saja dikarenakan begitu banyaknya tempat-tempat yang cantik yang menjadi daya tarik wisatanya.

Beberapa waktu lalu, gue juga sempat pergi ke pulau Flores untuk menyambangi Labuan Bajo ini, dan yup gue terkesan.

Buat lo yang juga memiliki rencana wisata Labuan Bajo, namun tidak ingin ikut full open trip Labuan Bajo, tapi juga belum memiliki rencana perjalanan, disini gue bakal kasih tau lo rekomendasi perjalanan selama 4 hari 3 malam di Labuan Bajo dengan harga yang tentu saja murah.

Hari Pertama.

Usahakan lo sampai di Labuan Bajo itu pagi hari, atau maksimal sebisa mungkin dibawah jam 12.00 WITA.

Dari bandara ataupun pelabuhan, untuk menuju ke hotel disekitaran Labuan Bajo tidak memakan waktu yang lama, hanya berjarak kurang dari 15 menit saja berkendara, lo bisa make jasa transportasi ojek online, dengan biaya sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000.

Banyak hotel disekitaran Labuan Bajo, tapi gue rekomendasiin lo nginap di hostel yang punya konsep dormitori, atau satu kamar bareng-bareng, selain harga lebih murah, juga lo bakal bisa ketemu sama orang-orang baru.

Baca Juga : Rincian Biaya Backpackeran Bengkulu ke Labuan Bajo.

Lo bisa nginap di La Boheme Hostel Labuan Bajo, dengan harga kamar sebesar Rp. 75.000/malam sudah termasuk sarapan Pancake. Ini adalah nomor yang bisa lu kontak kalo mau kesana 0822 3511 3260 (Mas Arya), di hostel ini lo cukup menyewa 2 malam saja dulu.

Dari laboheme lo bisa istirahat sebentar dan bersih-bersih, kemudian menyewa motor satu hari dengan harga Rp. 80.000/hari di rentalbajo.com dengan nomor wa 0812 5000 4085

Gua Batu Cermin

Hari pertama ini lu bisa berwisata ke  Gua Batu Cermin yang berlokasi tidak begitu jauh dari Bandara Internasional Komodo, dengan biaya masuk sebesar Rp. 20.000, disini lu bisa berswa foto dengan bebas.

Bukit Amelia.


Salah satu julukan yang didapatkan oleh Labuan Bajo adalah kota matahari terbenam, hal ini dikarekan begitu banyak spot yang dimiliki Labuan Bajo untuk melihat matahari terbenam, salah satunya adalah Bukit Amelia.

Lo bisa menikmati perbukitan dengan hamparan padang savana yang langsung menghadap ke laut, dan tentu saja terlihat sangat romantis. Tidak ada biaya masuk ataupun parkir yang diterapkan disini, jangan khawatir kalo lo merasa laper saat main ke sini, karena banyak yang menjajahkan makanan.

Oh iya, untuk makan selama di Labuan Bajo lo bisa coba berbagai olahan makanan disana, tapi kalo ga mau ribet bisa juga beli nasi padang seharga Rp. 20.000,-

Hari Kedua.

Hari kedua ini lo bisa melakukan aktivitas air, dan mengunjungi pulau-pulau yang cakep disekitaran Labuan Bajo, seperti Pulau Padar, Pink, dan Komodo. Lo bisa mengikuti One Day Trip untuk menyebrang ke pulau-pulau tersebut dengan harga Rp.600.000,-

Kalo lu menginap di La boheme Bajo, pengurus hostel tersebut, yaitu mas Arya juga membuat paket Sailing One Day Trip, dengan harga yang lebih murah yaitu Rp. 550.000, lo bisa coba tanya langsung ke dia.

Destinasi wisata yang bakal lu dapetin dengan mengikuti One Day Trip adalah sebagai berikut.

Pulau Padar

Merupakan salah satu pulau yang sangat populer di Labuan Bajo, karena memiliki bentuk yang sangat menarik, walaupun lo diharuskan melakukan sedikit pendakian jika ingin mendapatkan spot terbaik, jangan khawatir karena jalan pendakian tersebut telah di buat anak tangga dan juga titik isitrahat, selain dari itu, terdapat beberapa orang penjaga juga disekitaran titik-titik istirahat tersebut yang bisa bantuin kalo lo kebetulan mau foto-foto.

Biaya masuk ke Pulau Padar ini adalah sebagai berikut.

Jasa Pemandu Rp. 120.000 / grup (maksimal 5 orang)

Parkir kendaraan air Rp. 100.000 / 1 kendaraan

Karcis masuk pengunjung Rp. 5.000/orang

Karcis kegiatan alam (tracking) Rp. 5.000/orang

Karcis pengamatan kehidupan liar (Komodo) Rp.10.000 (ini untuk di Pulau Komodo tapi dibayar di padar)

Pulau Komodo.

Salah satu keajaiban dunia yang ada di Indonesia adalah Komodo, maka dalam trip ini tujuan berikutnya adalah Pulau Komodo.

Berjarak sekitar 45 menit dari Pulau Padar, Pulau Komodo juga akan memberikan sensasi yang cukup menarik untuk lo kunjungi, di pulau ini lo akan diajak berjalan oleh para pemandu untuk berjumpa dengan Komodo, dan berfoto bersamanya.

Biaya yang harus lo keluarkan untuk mengunjungi pulau ini adalah.

Biaya Masuk Rp. 50.000/orang

Jasa Pemandu Rp. 120.000/ grup (maksimal 5 orang)

Pulau Pink.


Setelah puas bermain dengan Komodo, tibalah berikutnya kembali memanjakan mata lo dengan mengunjungi Pulau Pink yang juga berlokasi tidak terlalu jauh dengan Pulau Komodo, Pulau Pink memiliki butiran pasir yang sangat indah, dan sangat cocok untuk berfoto.

Di Pulau Pink juga lo bisa snorkling sambil melihat biota bawah laut disekitar bibir pantainya yang cakep banget.

Oh iya, gue kemarin waktu kunjungan ke 3 pulau ini dengan jumlah 4 orang dalam grup, menghabiskan total biaya Rp. 155.000,-

Hari ketiga.

Akan tanggung rasanya kalo sudah sampai di Pulau Flores, tidak mengunjungi Desa Adat Waerebo, maka di hari ke tiga fokus kunjungan lo adalah ke Desa Adat Waerebo yang menjadi juara pertama lomba Desa Wisata se Indonesia.


Waerebo berada di Kabupaten Manggarai, yang berjarak sekitar 4 jam berkendara, untuk kesini lo bisa menyewa motor dengan harga Rp.80.000/ hari atau naik travel/ ikut open trip.

Karena kita berbicara tentang biaya yang murah, maka gue rekomendasiin lo buat naik motor sendiri, iya gue tau bakal cukup lama di perjalanan, tapi selama perjalanan itu lo bakal di jajahkan pemandangan yang indah pake banget.

Baca Juga : Menuju Waerebo Untuk Menuntaskan Tujuan.

Di Desa Adat Waerebo ini, gue rekomendasiin lo buat nginep satu malam, so lu gak perlu memperpanjang biaya menginap lo di hostel sebelumnya.

Untuk mencapai Desa Adat Waerebo, lu diharuskan melakukan pendakian selama kurang lebih 2 jam, tapi jangan khawatir, karena lagi-lagi jalan untuk pendakian sudah sangat bagus.

Biaya yang lo mesti keluarkan untuk menginap disini adalah Rp. 325.000/ orang dan lu bakal dapet makan 3x, disini lu juga mesti membayar biaya untuk upacara adat penyambutan, secara sukarela atau lu bisa menggenapkan pembayaran sebesar Rp.350.000.

Hari Keempat.

Setelah menginap satu malam di Waerebo, gue sarankan lu langsung turun dan kembali lagi ke Labuan Bajo untuk pulang, sebisa mungkin usahakan untuk mendapatkan penerbangan sore atau malam hari dari Labuan Bajo.

Atau kalo lu ga mau buru-buru, lu bisa menambahkan satu malam lagi, untuk keesokannya pulang ke kota lu.

Post a Comment for " Itinarary Labuan Bajo 4D3N Dengan Biaya Terjangkau (Bonus ke Waerebo)"