Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Jalan-Jalan Murah Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Walaupun masih pelajar atau mahasiswa sebetulnya kamu tetap bisa jalan-jalan tanpa harus membebani orang tua loh.

Berikut 7 tips yang bisa banget kamu lakukan untuk jalan-jalan hemat.

1. Booking Tiket Dari Jauh Hari

Tau dong kalo harga tiket itu selalu berubah-ubah tergantung waku keberangkatan?

Nah tips pertama agar jalan-jalan mu lebih murah adalah dengan memesan tiket dari jauh-jauh hari, sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. 

Biasanya tiket akan naik pada hari Jumat hingga Minggu atau pada high season, dengan memesan tiket dari jauh hari kamu bisa menghindari waktu-waktu ini.

2. Riset Mendalam Destinasi Tujuan.

Sebelum kamu memulai perjalanmu, sebaiknya kamu cari tahu dulu tentang destinasi yang akan kamu kunjungi tersebut, dengan begitu kamu akan bisa memperkirakan biaya perjalananmu dan memangkas yang tidak perlu.

Kamu bisa mencari tau tentang biaya transportasi lokal, penyewaan kendaraan, harga hotel atau hostel, makanan dan tiket masuk wisata, dengan begitu kamu bisa membanding-bandingkan mana yang lebih murah.

3. Hostel atau Homestay

Saat jalan-jalan, kadang penginapan hanya digunakan untuk isitirahat atau malah hanya digunakan untuk meletakan barang saja, jadi tempat yang biasa-biasa saja sepertinya cukup.

Alih-alih memesan hotel dengan harga yang lumayan mahal justru akan lebih baik kamu menyewa hostel atau homestay saja yang biasanya memiliki harga yang lebih murah.

Di beberapa tempat justru ada homestay yang gratis hanya dengan kita menyewa kendaraan ditempat itu saja loh.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata di Sekitar Sirkuit Mandalika

4. Tawar-Menawar.

Jangan langsung meng-iyakan saat kamu berbelanja sovenir atau apapun, itulah tadi guna kamu melakukan riset diawal, jika harga suatu barang yang di ajukan kepadamu terlalu mahal, jangan ragu atau malu untuk menawar, itu hal yang biasa.

5. Komunitas Travelling.

Tau kah kamu sebenarnya terdapat banyak banget komunitas travelling loh, salah satu contohnya adalah komunitas backpacker Indonesia, di komunitas ini kamu bakal dapet banyak banget informasi yang bermanfaat untuk perjalananmu.

Bahkan terkadang ada anggota komunitas yang malah menawarkan tempat tinggalnya untuk kamu datangi, coba deh sebelum melakukan perjalanan, cari dulu komunitas travelling yang mungkin bisa membantumu nanti.

6. Ajak Teman

Jika kamu bukan tipe yang terlalu suka berjalan sendiri, kamu mungkin bisa dengan mengajak teman untuk melakukan perjalanan bersama.

Hal ini juga bisa membuat biaya perjalananmu lebih murah, kamu bisa berbagi biaya dari berbagai hal yang kalian lakukan, seperti biaya penginapan, transportasi, atau bahkan biaya makan.

7. Kartu Pelajar atau Mahasiswa.

Ada beberapa objek wisata yang menawarkan harga lebih murah untuk pelajar atau mahasiswa, biasanya wisata yang mengandung nilai edukasi seperti Candi Borobudur.

Untuk kamu yang memiliki kartu pelajar, harga tiket masuk ke Candi ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pengunjung umum.

Jadi, selalu bawa kartu mahasiswa atau kartu pelajarmu kemanapun kamu akan melakukan perjalanan ya.

Post a Comment for " 7 Tips Jalan-Jalan Murah Untuk Pelajar dan Mahasiswa"