Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bengkulu Dimana? – Lokasi, Rekomendasi Wisata dan Acara Adat.

Bengkulu Dimana

Bengkulu dimana..

Apakah saat ini kamu sedang mencari informasi Bengkulu dimana?

Jika iya, maka jawabannya adalah Bengkulu terletak di Pesisir Barat Pulau Sumatra, berbatasan langsung dengan Sumatra Selatan, Lampung, Sumatra Barat, dan Jambi.

Sekarang kamu sudah mengetahui posisi dari Bengkulu, eits tapi tidak ada ruginya bukan jika kamu sedikit mendapatkan informasi tambahaan tentang rekomendasi wisata dan acara adat dari Provinsi yang merupakan tempat pertama kali bunga Raflesia ditemukan ini, siapa tau nanti kamu punya kesempatan untuk mengunjunginya.

So here we go.

Seperti yang sudah di sebutkan tadi, bahwa Provinsi Bengkulu terletak di Pesisir Barat Pulau Sumatra, ingat pulau Sumatra ya, bukan Kalimantan, Sulawesi, apalagi Papua.

Provinsi ini memiliki luas 19.919 Kilometer Persegi dengan 9 kabupaten dan 1 kota, mayoritas penduduk Bengkulu ini berasal dari Suku Melayu, Bengkulu memiliki berbagai kecantikan alam yang cocok untuk dikunjungi dan dijadikan salah satu tujuan berlibur kamu, berikut beberapa rekomendasi wisata di Bengkulu.

Rekomendasi Wisata di Bengkulu

Gunung 

Salah satu yang menjadi higlight para pencita wisata alam biasanya adalah gunung, nah di Bengkulu terdapat beberapa gunung yang menjadi primadona dan bisa banget untuk kamu coba kunjungi.

1. Gunung Kaba.

bengkulu dimana

Gunung Kaba yang biasanya disebut oleh masyarakat setenpat dengan nama Bukit Kaba, merupakan salah satu gunung merapi aktif yang ada di Provinsi Bengkulu, tepatnya gunung  ini berlokasi di Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. 

Gunung Kaba ini memiliki ketinggian 1.952 MDPL, yang bisa ditempuh dengan tracking selama 2 hingga 3 jam saja.

Gunung ini memiliki pemandangan kawah berwarna hijau tosca yang sangat cantik dan dapat terlihat jelas setiap hari, selain dari itu pemandangan Kota Curup dan Kota Kepahiang juga bisa kamu lihat dari puncak Gunung Kaba ini.

2. Bukit Daun.

Bengkulu dimana

Berada di Kabupaten yang sama dengan Gunung Kaba, Bukit Daun juga merupakan salah satu gunung cantik yang ada di Bengkulu, gunung ini memiliki ketinggian 2.467 MDPL.

Untuk sampai kepuncak Bukit Daun ini memerlukan waktu pendakian antara 6 hingga 8 jam, dengan kontur lintasan hutan yang masih sangat asri dan cukup lebat. 

Dari atas puncak Bukit Daun, kita akan dapat menyaksikan sebuah danau yang berada ditengah-tengah pegunungan, masyarakat sekitar menyebutnya Danau Telapak, karena sekilas mirip dengan telapak kaki.

3. Gunung Patah.

Gunung Patah berlokasi di Kabupaten Kaur, tepatnya di Desa Manau Sembilan, Kecamatan Padang Guci. Gunung Patah ini merupakan pembatas antara dua Provinsi yaitu Bengkulu dan Sumatra Selatan.

Gunung Patah ini merupakan salah satu gunung yang terbilang cukup susah untuk di kunjungi, sebab memiliki jarak tenpuh yang cukup jauh, gunung yang meiliki ketinggian 2.650 MDPL ini, biasa memerlukan waktu setidaknya 1 minggu pendakian pulang pergi.

Diatas Gunung Patah, juga terdapat kawah air hangat yang membuat gunung tersebut menjadi terlihat lebih menarik. 

Desa Wisata

Selain gunung, di Provinsi Bengkulu juga terdapat beberapa desa wisata yang bisa kamu kunjungi jika ingin melihat bagaimana masyarakat desa disekitar Provinsi Bengkulu menjalani kesehariannya. Setidaknya, ada 3 rekomendasi desa wisata yang bisa kamu kunjungi di Bengkulu, yaitu:

1. Desa Wisata Belitar Seberang.

Bengkulu Dimana

Desa Wisata Belitar Seberang ini merupakan satu-satunya desa wisata yang ada di Provinsi Bengkulu yang masuk ke dalam ADWi (Anugrah Desa Wisata Indonesia) tahun 2022, desa wisata ini menjadi juara favorit pada kategori toilet terbesih.

Eits, tapi nanti dulu, selain itu, desa ini memiliki berbagai pesona yang cukup menjajikan loh, beberpa diantaranya adalah, desa ini memiliki 2 air terjun yang lokasinya berdekatan, dengan suhu air yang dingin dan hangat.

Desa Belitar Seberang juga memiliki Paket Wisata Rumah Nira, dimana kamu bisa mencicipi Air Nira mentah sebelum diolah menjadi gula merah, kamu juga bisa praktek membuat gula merah disini.

2. Desa Wisata Air Sempiang.

Bengkulu Dimana

Desa Wisata Air Sempiang ini beralamat di kecamatan kabawetan, kabupaten kepahiang. Desa ini dikelilingi perkebunan teh yang sangat cantik, terdapat beberapa paket wisata yang bisa kamu nikmati di desa ini, yaitu kunjungan ke Perkebunan Teh tentu saja, mendaki Bukit Hitam, mengunjungi Air Terjun Bidadari yang ada di lintasan Bukit Hitam, mengunjungi Air Terjun Pipa Belanda yang masih sangat asri, dan kamu juga bisa memanen madu karena terdapat penangkaran madu disini.

Tahun 2022 ini, Desa Wisata Air Sempiang menjadi juara pertama pada ajang Perlombaan Desa Wisata yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, jadi sudah pasti desa ini salah satu yang direkomendasikan  jika ingin mengujungi desa wisata yang ada di Bengkulu.

3. Desa Wisata Suka Baru

Desa Wisata Suka Baru memiliki dua daya tarik utama yaitu Danau Global dan Pusat Pelatihan Gajah.

Selain dari itu, Desa Suka Baru juga memiliki suasana yang sangat sejuk dan cocok untuk kamu yang ingin belajar sambil bermain dengan Gajah. Tak perlu khawatir, kamu bisa juga menaiki Gajah-Gajah yang ada di desa ini karena terdapat para penajaganya.

Pantai 

Karena berada di Pesisir Barat Pulau Sumatra, tentu saja Provinsi Bengkulu ini juga memiliki bentang pantai. Dari 1 Kota dan 9 Kabupaten, hanya 3 Kabupaten saja yang tidak memiliki pantai karena berada didataran tinggi, itu artinya Bengkulu juga cocok dijadikan tujuan wisata untuk kamu yang suka berlibur di area pantai.

Karena begitu banyaknya pantai yang ada di Bengkulu, tentu untuk kamu yang ingin berlibur ke Bengkulu pasti ingin mencoba pantai yang paling bagus bukan, nah berikut 2 lokasi pantai yang bisa kamu coba di Bengkulu.

1. Pantai Panjang.

Bengkulu Dimana

Pantai Panjang ini berlokasi di Kota Bengkulu, sangat mudah diakses karena dekat dengan pusat kota. Pantai panjang ini salah satu pantai yang paling terkenal di Bengkulu, pantai ini memiliki pangang sejauh 7 KM dengan hamparan pasir putih.

Di sepanjang pinggir Pantai Panjang ini juga tersusun rapih deretan pohon cemara yang bisa kamu gunakan untuk tempat berteduh, kamu juga bisa piknik bersama keluargamu dipantai ini.

2. Pantai Kaur

Di Kabupaten Kaur, sebetulnya terdapat sangat banyak pantai yang cantik, akan panjang jika kami sebutkan satu persatu, namun jika kamu sedang berada di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung ini, kamu bisa mencoba mengunjungi Pantai Way Hawang.

Pantai Way Hawang ini memiliki deru ombak yang tidak terlalu besar, dengan air yang berwarna biru, dan pasir putih.

Disepanjang pantai juga terdapat banyak warung-warung yang menjual olahan hasil laut, seperti gurita, ikan dan kerang.

Dataran Tinggi

Walaupun berada di pesisir pantai, Provinsi Bengkulu juga memiliki dataran tinggi yang bisa kamu kunjungi loh. Nah untuk kamu yang suka dengan suasana sejuk kamu bisa coba mengunjungi kedua tempat berikut.

1. Kabawetan

Kabawetan merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Kebahiang, kecamatan ini dikelilingi oleh perkebunan teh yang sangat cantik.

Disepanjang jalur teh yang ada di Kabawetan juga tersusun pepohonan yang membuatnya lebih rindang. Tak perlu khawatir untuk menginap, disini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa kamu pilih jika ingin menikmati waktu.

Dari kota Bengkulu untuk menuju ke Kabawetan ini memerlukan waktu berkendara via darat selama 2 jam saja, dengan pemandangan Hutan Bukit Daun, jika beruntung kamu juga bisa menemukan Bunga Raflesia yang sedang mekar diperjalananmu.

2. Danau Mas.

Danau Mas merupakan salah satu danau yang berada di dataran tinggi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Selain menikmati pemandangan yang indah, jika berkunjung kesini kamu bisa sekalian memetik Strawberi yang ada di perkebunan sekitar danau tersebut.

Terdapat beberapa penginapan juga yang bisa kamu datangi jika kamu ingin lebih lama menikmati suasana disekitar Danau Mas.

Air Terjun

Apakah kamu juga suka berwisata di air terjun?

Jika iya, kamu bisa mengunjungi beberapa air terjun yang ada di Provinsi Bengkulu berikut.

1. Air Terjun Bidadari.

Bengkulu Dimana

Air Terjun Bidadari ini berada di Desa Wisata Air Sempiang, diberi nama Bidadari karena menurut warga seklitar kecantikan air terjun ini layaknya Bidadari yang sukar untuk digapai.

Untuk menuju ke Air Terjun Bidadari kamu perlu berjalan melewati Hutan Bukit Hitam selama kurang lebih dua jam, dan karena hal tersebut maka keasrian dari air terjun yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi deh.

2. Air Terjun Kroya

Bengkulu Dimana

Jika kamu ingin meilhat air terjun dengan warna air yang berwarna hijau bersih, kamu bisa coba ke air terjun yang ada di Kabupaten Seluma ini,

Air Terjun Kroya berada di tengah-tengah perkebunan kelapa sawit dengan akses yang tidak terlalu susah untuk digapai, jika membawa kendaran bermotor, kamu bahkan bisa memarkirkan motormu hanya sejauh 50 meter saja dari lokasi air terjun.

Juga terdapat beberapa batuan besar di sekitar air terjun yang bisa gunakan untuk berfoto bersama teman-temamu.

3. Air Terjun Tri Sakti.

Bengkulu Dimana

Berlokasi di Desa Wisata Belitar Seberang, air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter ini memiiliki formasi karang yang sangat cantik di dinding-dinding air terjunnya.

Air Terjun Tri Sakti juga bersebelahan dengan Air Tejun Puspa Dewi yang memiliki suhu air yang terasa hangat, jadi dengan datang kesini kamu bisa mengunjungi dua air terjun sekaligus.

4. Curug 9

Rekomendasi ari terjun berikutnya adalah Curug 9, air terjun ini merupakan salah satu promadona di Provinsi Bengkulu. Memerlukan waktu tempuh sekitar 8 jam untuk sampai, air terjun ini tidak akan mengecewakan para pengunjungnya.

Terdapat beberapa jatuhan air di air terjun ini yang membuatnya sangat indah, jika kebetulan kamu membawa drone kamu akan mendapati air terjun ini benar-benar menggoda.

Acara Adat

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Indonesia adalah adat istiadat yang berbeda disetiap lokasinya, begitu juga dengan Bengkulu, terdapat salah satu acara adat di Provinsi Bengkulu yang sangat menarik yang dilaksanakan dari tanggal 1 Muharam hingga 10 Muharam.

Nama acara adat ini adalah Tabut, Tabut merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang tentang kisah kepahlawanan dan kematian dari Husein Ali Bin Abi Thalib.

Dalam perayaan tersebut, masyarakat Bengkulu akan mengarak bangunan-bangunan yang dibuat, dengan iringan tabuhan alat musik Dol dan Tessa yang berbentuk seperti Rebana.

Post a Comment for "Bengkulu Dimana? – Lokasi, Rekomendasi Wisata dan Acara Adat."