Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Rekomendasi Desa Wisata di Bengkulu

Bengkulu merupakan salah satu Provinsi yang terletak di pulau Sumatra, memiliki 9 Kabupaten dan Satu Kota madya. 

Provinsi yang hanya membutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan dengan pesawat dari Jakarta ini, memiliki cukup banyak potensi pariwisata, salah satunya adalah desa wisata.

Pada tahun 2021 silam diadakan perlombaan desa wisata se-Provinsi Bengkulu, dari perlombaan tersebut terpilihlah 4 desa yang menjadi pemenangnya.

Nah, untuk kamu yang sedang berada di Provinsi Bengkulu, berikut adalah 4 rekomendasi desa wisata di Bengkulu yang bisa kamu kunjungi.

1. Desa Wisata Belitar Seberang

Desa Belitar Seberang merupakan salah satu desa wisata yang ada di Provinsi Bengkulu yang terletak di Kec Sindang Kelingi, Kab Rejang Lebong. Desa ini memenangkan perlombaan desa wisata Provinsi Bengkulu pada tahun 2021.

Desa Belitar Seberang juga masuk ke dalam 50 besar anugrah desa wisata oleh KEMENPAR pada tahun 2022, dan satu-satunya desa wisata di Provinsi Bengkulu yang di kunjungi oleh menteri pariwisata.

Desa Sisata Belitar Seberang memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa kamu nikmati, yaitu Air Terjun Trisakti, Air Terjun Hangat Puspa Dewi, Pemandian Air Hangat, Glamping, dan Rumah Nira.



Kamu juga bisa menikmati aktivitas outdoor disini, seperti canyoning diatas Air Terjun Trisakti yang memiliki ketinggian 80 meter.

Untuk menuju ke Desa Wisata Belitar Seberang, kamu bisa menggunakan travel dari Bengkulu atau menggunakan kendaraan pribadi menuju ke kota Curup Kabupaten Rejang Lebong.

Dari kota Curup kamu bisa melanjutkan perjalanan mengarah ke Kota Lubuk Linggau sejauh kurang lebih 1 jam perjalanan, desa Belitar Seberang berada di jalan lintas Curup Lubuk Linggau.

Baca ulasan lengkap Desa Belitar Seberang disini

Baca juga : Bermain Tubing di Desa Wisata Pandan Seluma

2. Desa Wisata Air Sempiang

Desa wisata Air Sempiang beralamat di Kec Kabawetan, Kab Kepahiang. Selain dikelilingi perkebunan teh desa ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

Kamu akan disajikan cantiknya Air Terjun Bidadari, Air Terjun Dua Putri, Air Terjun Pipa Belanda, Kawah dan cantiknya Bukit Hitam.

Sumber : Instagram @desa_wisata_air_sempiang

Sumber : Instagram @desa_wisata_air_sempiang

Sumber : Instagram @desa_wisata_air_sempiang

Desa wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata luar ruangan dan aktivitas alam.

Sama dengan Belitar Seberang, untuk menuju ke desa ini kamu bisa menggunakan mobil travel dari Bengkulu atau kendaraan pribadi.

Dari Pasar Kepahiang, kamu bisa meneruskan perjalananmu meunuju ke Kabawetan, hingga sampai di Desa Air Sempiang, perkiraan waktu dari Pasar Kepahiang untuk menuju ke Air Sempiang kurang lebih 20 menit berkendara.

Baca ulasan lengkap Desa Air Sempiang disini

Baca juga: Tiangnya Air Terjun Batu Betiang

3. Desa Wisata Penembang

Desa wisata Penembang memiliki berbagai potensi wisata sangat menjajikan untuk dikunjunig, jika Air Sempiang memiliki 3 air terjun yang sangat populer, Desa Penembang memiliki 7 air terjun yang berada di satu aliran air saja.

Sumber: Instagram @desa_wisata_penembang

Sumber: Instagram @desa_wisata_penembang


Sumber: Instagram @desa_wisata_penembang

Desa Wisata Penembang beralamat di Kec. Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun menggunakan angkutan travel untuk kesini.

Jika melakukan perjalanan dari Bengkulu, estimasi waktu yang diperlukan untuk menuju ke Desa Wisata Penembang, kurang lebih satu setengah jam perjalanan saja, tebilang dekat ya dari Bengkulu.

Baca juga: Cantiknya Kawah Hijau Gunung Kaba

4. Desa Wisata Suka Baru

Desa wisata yang satu ini berada di kabupaten Bengkulu utara, tepatnya ber-alamat di Kec. Marga Sakti Sebelat. Untuk menuju ke desa ini hanya memerlukan perjalanan darat sejauh satu jam saja.

Desa Wisata Suka Baru memiliki 2 daya tarik utama yang sangat populer, ke dua hal itu adalah Danau Global dan Pusat Latihan gajah.

Sumber: Instagram @dewi_suka_baru


Sumber: Instagram @dewi_suka_baru

Sumber: Instagram @dewi_suka_baru

Selain itu, desa wisata Suka Baru juga memilki kualitas udara yang lumayan menyegarkan, jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata dari Bengkulu namun tidak memakan cukup banyak waktu.

Post a Comment for " 4 Rekomendasi Desa Wisata di Bengkulu"