Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Rekomendasi Pantai Yang Bagus di Yogyakarta + Rute

Kamu sedang berlibur di Yogyakarta?

Jangan di Hotel aja, coba deh kamu kunjugi beberapa pantai yang ada di Yogyakarta, keren-keren banget loh.

Selain terkenal dengan kecantikan kota dan suasanya yang menyenangkan, Yogyakarta juga memiliki berbagai potensi pariwisata lainnya, dan pantai adalah salah satu yang wajib kamu kunjungi jika sedang ada di Yogyakarta.

Nah untuk kamu yang sedang ada di Yogyakarta, berikut ada 4 rekomendasi pantai yang bagus di Yogyakarta beserta dengan rute untuk menuju kesana.

1. Pantai Wediombo

Instagram @ulvaadkins

Pantai Wediombo terkenal dengan pasir nya yang luas, yah sesuai dengan namanya Wediombo yang berarti “pasir yang luas”.

Pantai ini memiliki debur ombak yang lumayan tinggi yaitu sekitar 3 hingga 4 meter, karena itu sangat dilarang untuk berenang di pantai ini.

Jika kamu tidak bisa menahan diri untuk bermain air, kamu bisa mencoba berenang di laguna kecil yang berada di deretan karang sisi selatan. Laguna itu di kelilingi oleh bebatuan karang sehingga saat air laut surut bisa digunakan untuk berenang.

Jika kamu mengunjungi Pantai Wediombo pada bulan November hingga Mei, maka kamu akan dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam tepat digaris horizontal.

Pantai Wediombo ini terletak di sebelah Tenggara dari Kota Gunung Kidul, untuk menju ke sini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari kota Yogyakarta.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Desa Wisata di Bengkulu

Alamat lengkap pantai ini berada di balong, girisubo, kabupaten gunung kidul. Rute tercepat menuju ke pantai ini dari Yogyakarta adalah melalui jalan menuju Wonosari, kemudian dilanjutkan kearah timur melewati Pasar Agrososro.

Terus saja hingga sampai ke Simpang Tiga Pasar Wonosari lalu belok kanan via Pantai Baron, ikuti jalan yang ada hingga sampai ke Pertigaan menuju ke Pantai Wediombo, kemudian kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada hingga Pasar Jepitu.

Setelah sampai di Pasar Jepitu kamu lurus saja hingga sampai di pertigaan Pasar Jepitu, kemudian ambil kanan maka kamu akan sampai di lokasi parkir Pantai Wediombo.

Sedikit catatan untuk kamu jika ingin mengunjungi pantai ini, pastikan kendaraanmu dalam keadaan yang prima karena selain pasir yang luas, pantai ini juga terkenal dengan tanjakan dan turunannya yang tajam.

2. Pantai Baron.

Instagram @alivikry

Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang bisa banget kamu kunjungi jika sedang di Yogyakarta. Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul.

Pantai Baron terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Wediombo, kamu bisa banget melakukan perjalan sekaligus ke Pantai Baron dan Wediombo yang jika dari kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 2, 5 jam perjalanan.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Wisata di Sekitar Sirkuit Mandalika

Pantai Baron bersebelahan langsung dengan Samudra Hindia, namun demikian debur ombak pantai ini terbilang tidak terlalu besar. Pantai Baron juga berbentuk seperti huruf “ U ” yang dikelilingi oleh tebing. Pantai ini juga memiliki pasir berwarna cokelat dengan air laut yang berwarna biru kehijauan.

Jika kamu mengunjungi Pantai Baron ini, kamu juga akan melihat cukup banyak kapal nelayan yang terparkir disini musabab Pantai Baron juga terkenal dengan habitat ikannya yang lumayan banyak.

Di Pantai Baron juga terdapat mercusuar yang memiliki ketinggian 40 meter, kamu bisa melihat panorama senja dari atas mercusuar ini hanya dengan membayar uang masuk lima ribu rupiah saja.

3. Pantai Siung

Instagram @sigoescom

Masih di area Gunung Kidul, tepatnya di Dusun Duwet, Kecamatan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, pantai yang satu ini bernama Pantai Siung.

Pantai Siung ini memiliki cukup banyak aktivitas parwisata yang bisa banget kamu mainkan jika kesini, beberapa aktivitas pariwisata yang bisa kamu lakukan disini adalah berkemah, panjat tebing, dan mengunjungi bukit batu karang.

Baca Juga : Bermain Tubing di Desa Wisata Pandan

Untuk menuju ke Pantai Siung ini dari kota Yogyakarta, kamu bisa memulai perjalanan dari Ringroad Selatan kemudian berbelok kearah kanan setelah Terminal Giwangan yang mengarah ke jalan Piyungan.

Teruskan saja perjalananmu hingga sampai ke Wonosari, lalu ambil jalan menuju ke Pantai Baron, ikuti saja jalan yang ada hingga sampai ke Pertigaan Desa Mulo.

Dari Pertigaan Desa Mulo, lurus terus hingga sampai di Pertigaan Winangun, dari sini anda perlu berbelok ke kanan, lalu jalan terus hingga sampai di Pantai Siung.

4. Pantai Timang

Instagram @hnrtourtravel

Untuk kamu yang suka dengan aktivitas yang memacu adrenalin, kamu bisa coba berkunjung ke Pantai Timjang.

Pantai Timang memiliki Gondola yang terbentang diantara dua bukit karang dengan lintasannya menyebrangi lautan yang memiliki debur ombak yang lumayan kencang.

Pantai Timang memiliki area pasir putih yang lumayan luas dan lebar, Pantai Timang ini dikelilingi oleh sawah dengan deruan angin laut yang lumayan kencang.

Terdapat pula spot-spot yang instagramable di sekitar area tebing Pantai Timang yang bisa banget kamu gunakan untuk berfoto dan memberi makan sosial mediamu.

Untuk menju ke Pantai Timang ini jarak dari Yogyakarta juga sekitar 2,5 jam karena searah dengan Pantai Siung.

Post a Comment for "4 Rekomendasi Pantai Yang Bagus di Yogyakarta + Rute"